Kamis, 19 Januari 2012

Motivasi Untuk Menjadi Penulis

Penulis-penulis Wanita Indonesia – Indonesia dengan jumlah penduduk yang tak sedikit memiliki banyak sumber daya manusia berkecimpung di dunia kepenulisan. Termasuk para wanita yang mulai menjadikan menulis sebagai salah satu pekerjaan sampingan mereka. Tak sedikit penulis-penulis wanita Indonesia yang muncul dalam beragam kemampuan. Munculnya teknologi jejaring sosial facebook turut memicu lahirnya para penulis dari kalangan perempuan yang cukup subur.

Penulis-penulis wanita Indonesia yang baru lahir, muncul dari beragam kalangan. Baik itu mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja maupun mereka para buruh migran di luar negeri. Dengan bermacam-macam tema yang dianggap paling menarik, penulis-penulis wanita Indonesia ini terkadang muncul dengan mengusung sebuah buku keroyokan (antologi).

Namun demikian, sejarah telah mencatat penulis-penulis wanita Indonesia yang cukup terkenal di tengah dunia literasi tanah air, diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Asma Nadia
Penulis berwajah manis ini memiliki banyak keistimewaan sebagai seorang penulis yang tak hanya terkenal di dalam negeri, namun juga luar negeri. Asma Nadia berhasil membangun sebuah keluarga penulis. Suami dan anak-anaknya juga dikenal sebagai para penulis produktif yang cukup punya nama. Tak hanya menulis, Asma Nadia juga mulai sukses dengan tayangan film layar lebar. Diantara film layar lebar yang diadopsi dari karya-karyanya adalah Emak Ingin Naik Haji dan Rumah Tanpa Jendela. Emak Ingin Naik Haji sendiri cukup sukses meraih penghargaan di AMI 2010. Asma Nadia dikenal sebagai seorang penulis karya-karya populer dengan tema remaja dan wanita, ia juga telah sukses membangun bisnis penerbitan.

2. Helvi Tiana Rossa
Sebagai kakak dari Asma Nadia, Helvy cukup dikenal sebab latar belakang kemampuan akademisnya dalam bidang sastra. Ia juga dikenal sebagai salah seorang pendiri komunitas kepenulisan terbesar di Indonesia yakni Forum Lingkar Pena. Ia tergabung ke dalam Majlis sastra Asia Tenggara. Beberapa karya-karyanya cukup spesifik mengusung tema-tema pencerahan.

3. Afifah Afra
Penulis wanita Indonesia lainnya adalah seorang penulis idealis yang memotori berdirinya majalah remaja GiZon. Sejak muda Afifah Afra telah cukup serius menggeluti dunia kepenulisan. Hingga kini ia telah sukses melahirkan banyak buku sekaligus mengelola sebuah bisnis penerbitan. Writerpreneurship asal Kota Solo ini melahirkan banyak karya-karya terkenal seperti De Winst, De Liefde, Katastropa Cinta dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar