Minggu, 15 Januari 2012

Cerpen Pertamaku "Cinta Gita"

Namaku Gita, putri dari pasangan bapak Pakji dan Bu Rumita. Aku sama seperti anak-anak biasanya sekolah dan bermain, bercanda dan suka hal-hal baru. Ini berawal dari TK, aku sekolah yang tidak jauh dari rumahku. Aku termasuk anak yang rajin. Aku bertemu dengan teman-teman yang baik. Begitu juga waktu SD dan SMP sampai aku SMA. Hari-hari aku lalui, aku memang sedikit menonjol jika dibandingkan dengan teman-teman satu kelasku di bidang akademik baik di SD, SMP, dan SMA. Prestasi disekolah Gita terbilang cukup gemilang namun tidak semulus kisah cintanya, dia pernah menjalani hubungan cinta dengan kakak tingkatnya semasa SMA. Namun kandas ditengah jalan. Terakhir kata teman-temannya pacarnya itu punya kebiasaan yang jelek suka clubing, minum dan ngeduck. Kebiasaan suka minta uang ke Gita untuk berjudi untuk melampiaskan rasa kecanduan mengkonsumsi narkobanya. Dan alhasil, Gita tidak tahan dengan perlakuan pacarnya yang suka malak Gita selama 1 tahun terakhir.

Gita : Yank, apa lagi yang akan kamu lakukan lagi, berkali-kali kamu janji ma aku lok gak akan mengulangi kenakalan lo... kata Gita ke erick Git, lo tahu kan kalau gur udah coba berbagai cara untuk menghilangkan kecanduan ini yang, tapi ini masih dalam tahap penyembuhan. Please yank kamu bisa ngertiin aku dunk. Udah yank gue gak tahan lag sama sikap kamu yang adanya Cuma ngomong doang, bosan gue sama janji-janji semu yang gak pernah kamu seriusin

Dan beberapa bulan setelah kisah ini, Gita selalu stress memikirkan erik dan curhat sama teman dekatnya , Vita sebenarnya Gita tidak bisa nglupain masa-masa indah bersama erick, tapi Vita mencegah Gita balikan ma Erick yang udah rusak.

Vita berusaha menghibur Gita yang tidak bisa nglupain Erick. Memang sih Erick lumayan ganteng dan manis jika dibandingkan teman-teman yang lain seangkatannya. Namun entah karena dia dibesarkan dari keluarga kaya, namun orangtuanya broken home ketika SMA mungkin itu salah satu yang menyebabkan dia lari ke minum-minuman keras. Dia sebenarnya tidak tahan mendengar berita ayahnya yang anggota DPR yang telah korupsi jutaan rupiah dan bermain wanita yang mengakibatkan ibunya memilih mengugat cerai ayahnya. Dan Erick diasuh oleh ayahnya. Ibunya yang juga wanita karier, namun karena sering dimintai tekanan batin akibat dengerin berita kejelekan suaminya di TV dan di omongan tetangga. Akhirnya mamanya Erick terkena serangan jantung. Perekonomian semakin diperparah akibat ayahnya terbukti bersalah dan dipidana serta rumahnya yang diperoleh ketika menjabat menjadi anggota DPR akhirnya disita oleh bank dan nasibnya harus membayar denda ke Negara sebesar 1 M.Ini pun juga membuat Erick dikeluarkan dari sekolah.

Karena nilai Gitapun juga ikutan merosot akibat terlalu mikirin Erick akhirnya untuk kebaikannya, orangtuanya Gita akhirnya memutuskan memindahkan Gita ke sekolah lain di Negara tetangga yaitu Korea selatan. Sekolahnya bernama Osaka Gakuen, bertempat di kota Busan. Dan akhirnya cerita Gita lain berlanjut, berangsur-angsur kondisi Gita akibat stress di tinggal Erick semakin baik dengan kondisi lingkungan yang berbeda dan sekolah serta orang yang berbeda. Dan sampailah ke hari pertama dia masuk sekolah. Dia mulai masuk kelas, ya... karena Gita masuk sekolah tidak pada kelas 1 namun kelas II, jadi hanya dia saja anak baru. Dia memperkenalkan diri dengan menuliskan nama dipapan tulis. Dan kemudian dipersilahkan duduk oleh bapak guru ditempat duduk yang kosong. Memang sekolah ini, terkenal dengan sekolah yang tertib dan disiplin begiu juga dengan guru-gurunya yang tidak segan-segan memukul murid-muridnya yang tidak tertib ngumpulin tugas. Suatu ketika Gita tidak membawa buku catatan tugas minggu kemarin. Teman sebangku Gita bernama Gilang , dia anak yang baik dan rajin. Suatu ketika, Pak Suep yang terkenal disiplin menanyakan tugas pengumpulan rangkuman antropologi dan disuruh meletakkan nya didepan meja masing-masing. Gita masih saja tertidur dimejanya dan tidak mengikuti pelajaran. Gilang mencoba membangunkan Gita dan ketika pak Suep berkeliling ke satu meja ke meja yang lain untuk memeriksa akhirnya sampai ke meja mereka berdua. Sesigap juga Gilang menggeser buku pekerjaannya kedepan Gita dengan tetap wajah sayu Gita karena habis bangun tidur huhu>,<. Dan terlihat kalau Gilang yang tidak mengeluarkan catatannya dan akhirnya pak Suep marah ke Gilang dan menyuuh dia maju kedepan. Gilang mendapatkan hukuman dipukul pantatnya dengan sebatang kayu, yang merupakan penggaris kelas.

Melihat perbuatan Gilang yang berkorban dihukum demi dia. Gitanya tersenyum dan membelalakan matanya melihat Gilang dipukul sama Pak Suep. Ternyata ada orang yang perhatian ke dia sampai segitunya. Pulang sekolah Gita menunggu di depan kelas, dia menunggu Gilang yang mau pulang. Sontak Gilang kaget, kenapa cewek secuek Gita nungguin dia, apa gara-gara dia tadi berkorban buat dia?. Dan ternyata iya, Gita merasa bersalah sama Gilang karena udah memberikan tugas rumahnya untuk nya dan menyelamatkan gita dari hukuman pak Suep yang killer abiz. Acapkali Gita menggoda Gilang dengan memukul pantat Gilang yang baru saja di tabok penggaris panjang dan sontak Gilang mengaduh... aduh... sakit tahu yang benar kamu Git. Bisa bayangin jadi apa nie pantat gue. Jadi buah peach di Film Hanakimi paling ya..^^.(* japanis filmer beut) kali ya... huhu

Maap deh... nie haa..... Gita mau nyuapin Gilang yang ada disampingnya. Ya.. abis dari sekolah, mereka ke rumah makan yang gak jauh . Nah nie dia , tempat makan kesukaan gue jawab Gilang. Oh.. iya ta lang, aku juga Cuma iseng aja coale aku tahunya rumah makan yang kelihatannya murah di busan tu ini. Kurang ajar lo.. git. Emang sih nie warung emang murah, tapi jangan salah.... makanannya gak kalah sama makanan-makanan mahal di luar sana tahu... maen-maen sama masakan sini. Eya.. tapi aku juga lum biasa makan makanan disini juga, soale biasakan makan makanan Indonesia gitu, lo tahu gak, makanan disana enak-enak tahu. Ada soto, sate, bakso, rendang, lalapan dan masih banyak deh kesukaan gue..

Gilang : Uwik... itu ma bukan kesukaan tapi doyan... bukaak

Gita : ngawur lo Lang... awas lo ya..

Tapi lo makan segitu banyak masih bilang masih lum biasa masakan korea apanya... udah makan mie sushi (*gak tahu itu emang beneran ada di sana apa gak?..#$%O.o) 2 mangkok...:p

Hhehe... laper sih... ya mau gimana lagi...

Suasana berubah menjadi sedikit serius ketika mereka berdua terdiam sejenak setelah bersama-sama ketawa sambil ngejek satu sama lain dan keakraban mereka mulai terangun

Gita : Lang makasih ya... udah menjadi temenku. Dan gue gak tahu mau bilang apa sama lo..

Gilang : Emang lo itu kenapa sih... lo tahu gak masih banyak orang diluar sana yang pengen sekolah disini. Lo.. yang udah masuk dengan mudahnya malah mensia-siakan kesempatan. Ingat git...git.. E malah sepanjang jalan sepanjang kenangan Gilang ngomelin gita itu dengan menggebu2.. e malah gita nerusin makan sambil lihat TV di depan mereka. (O.o)

Heh.. git.. lo dari tadi gak ndengerin gue ya...(Sambil kesel)

Gita : Apa sih yang lo omongin (gaya tidak mendengar, padahal gita bener2 ndengerin apa yang dikatakan Gilang dari A-Z gak terlewatkan, ini hanya akal-akalan Gita aja untuk menutupi rasa bersalah dan malunya terhadap tindakan yang telah ia lakukan)

Apa sih lang...?????????(dengan wajah gak ngeh gitu deh ke gilang kayak gak ngerti apa2 gitu.. Lol)

Gilang : udah deh lupain(jengkel sambil nerusin makan) ....

Setelah Gilang agak sedikit reda jengkelnya, melanjutkan ngomong ke gita sambil ngledek

Gilang : N lo tahu gak negeri lo itu kebanyakan kan miskin dan lo dari ngeri semiskin itu harusnya bersyukur bisa sekolah di SMA Oska yang terkenal seantero korea selatan nie.. N lo tahu gak ada artis korea yang terkenal di seluruh dunia sekarang ini. Lo tahu kagak.. kakak ku Hyun Bin, Choi Si Won pernah sekolah disini juga. Memang kamu ya... bisa dibilang kamu itu kuper atau gimana yach.. demam se-BOOM-ing itu kamu gak kena K-POP mendunia. N gue tahu Indonesia yang paling histeris kalo ngomongin 2 artis ganteng yang fenomenal ntu...bukakkak... ternyata kamu tu kutu buku banget yach sampek jarang gaul.

Gita : Dasar... kamu tu yach kalo ngatain orang bener2 gak tanggung-tanggung semua jurus dikeluarin. Ini waktunya pembelaan. Emang kalo menurut gue orang korea itu biasa aja tu termasuk lo... wkwkwk( dengan sambil ketawa n tidak dengan nada menghina atau apa)

Udah deh udah malam qt pulang yuk..

Iya .. oya Cuma ngingetin besok tugas FISIP dikumpulkan jo lupa ya.

Oki Lang gue gak tega sama lo.. lo digebukin ma pak Hardi sama kayak sama pak Suep tadi. Tapi makasih ya. Dan mereka berdua akhirnya .. berpisah.. pulang ke arah rumah masing-masing.

***

Keesokan harinya, iya tugas Fisip hari ini dikumpulkan. Dan sampul di bangku ku ma Gilang. Tugasnya diletakkan di depan meja masing-masing. Ok pak... pas lihat didepan meja Gita tugasnya gak ada, Gilang spontan mau geser tugasnya tepat didepan Gita. Tapi Gita menggeser kembali sebab dia udah bawa tugasnya pak Hardi. Dan keduanya beradu tatap sambil tersenyum renyah. N mereka mulai semakin dekat. Acapkali mereka menghabiskan waktu bersama. Sampai waktu makan siang dikelas mereka makan bersama.

Gita : Lang tahu tidak, aku dulu waktu di Jakarta juga kutu buku kayak kamu, tapi setelahnya ndak lagi. Emang kenapa git? Ya... gitu aku kan pacaran sama kakak temen gue, namanya Erick. Ya gitu kami ketemu, pas aku maen ke rumah temenku ntu. Dan berujung yang gak ngenakin deh.. gak bisa aku nerusinnya... kejadiannya terlalu cepat.

Gilang : Dan kenapa Git? Tanya Gilang ke Gita.

Gita : Aku putus and study ku hancur. Erick ketahuan makek disekolah dan di DO karena aku pun juga gak bisa nglupain dia. N dia sering cari gue kalo disekolah n mau minta uang ke gue sambil mukul gue lo.. Gue pas lagi gak punya uang.Lang, gue juga sempet takut. Baru aku tahu kata orang itu bener lok cinta itu memang buta, cinta telah membutakan mata hatiku. N ortu gue tahu kejadian dapet laporan dari vita teman akrab gue.

Dan gini deh gue dikirim nerusin belajar di sini biar gak di ganggu Erick lagi dan biar gue bisa nglupain semuanya. Tapi awalnya aku gak bisa jauh dan selalu aja mikirin Erick tapi gue pikir-pikir buat apa dipikirin. Toh dia juga waktu ngedruk n minum juga gak 5 menit pun mikirin gue.

Gilang : Eya Git, cinta tu gak kayak gitu. Cinta itu adalah pengorbanan termasuk yang gue lakuin ke elo gitu.

Gita : bercanda lo Lang..

Gilang : Yah... dibilang becanda. Iya gue serius tahu Git. Gue mulai suka sama lo... sejak ketemu di sekolah.

Gita : ah.. udah deh becandanya. Aku mau pulang...

Gilang : Lo...git kamu marah...

Gita : Enggak Lang, aku Cuma gak mau kejadian yang pernah menimpa aku di Jakarta terulang kembali.

Gilang : Gue janji akan jaga lo.. git dan lo salah lok nganggep aku kayak cowok-cowok yang lain. Kamu bisa tatap mata aku.. apa ada kebohongan di mataku Git?

Sambil nangis Gita memeluk Gilang dan malam itu menjadi pertemuan 2 anak manusia beda Negara di Kota busan, korsel.

***

Suatu ketika ada salah seorang teman Erick tahu kalo Gita dikirim ke luar Negeri. Dan sampai juga kabarnya ke Erick. Dan segerombolan itu akhirnya memutuskan ke sana. Setelah beberapa bulan di tinggal sama Gita, Erick malah merasa kehilangan dan berusaha mencari dia kemanapun. Dia berusaha tanya ke teman-teman terdekat dan termasuk orang tua Gita. Tapi hasilnya nihil dan akhirnya, setelah tahu gita sekolah di Busan. Tidak tanggung-tanggung dia menyusul kesana bersama teman-temannya memang jaringan mafia, Erick tidak seburuk dulu (* tapi tetep nakal, maksudnya dalam jaringan). Sekarang dia punya banyak koneksi baik di dalam dan di luar negeri tapi objeknya tetep perdagangan ilegal dan perjudian. Dan Setelah tahu sekolah dimana Gita berada. Erick ke sekolah dan masuk ke kelas.

Erick : Git..Gita..

Sontak Gita kaget mendengar suara yang tidak asing sampai mengundang tanya pada Gilang yang ada disampingnya.

Gilang : gak pernah deh ada sebelumnya orang tanpa ijin masuk kelas dan membuat kegaduhan kayak gini . Dia itu sebenarnya siapa sih...? benar-benar membuat onar. Sampai-sampai pak Suep dibuat takut dengan kedatangan segerombolan preman tu.

Gita : Dia.. tu Erick... Lang. Tetap dengan wajah juteknya Gita.

Dan wajah itu adalah wajah yang awal dulu Gilang mengenal Gita kembali lagi.

Gilang : Udah biarin aku aja yang hadapi dia Git.

Gita : Jangan Lang.... yang dia cari itu aku. Dan Gita bangun dari tempat duduknya dan menantang Erick supaya keluar dan tidak membuat gaduh kelasnya lagi.

Jika lo pengen ketemu gue, keluar cari tempat yang lain. Akhirnya suasana kelas menjadi tidak gaduh lagi, tapi malah rame dengan kedatangan teman-teman kelas lain yang keluar dari kelasnya masing-masing untuk memastikan apa yang terjadi dari sumber suara kegaduhan. Dan gilang pun jadi bahan yang menjadi objek yang di tanya anak-anak satu kelas.

***

Ditempat pertemuan ruang biliard tempat judi terdekat sekolahan, mereka bertemu. Dan lagi-lagi Gita dipukulin sama Erick.

Erick : Lo kemana aja sih yank, gue nyari-nyari lo kemana-mana tapi setiap teman dan ortu kamu gue tanyain keberadaan lo... selalu bungkam. Gue capek tahunyariin lo.. dan pas gue tahu lo disini gue seneng bisa ketemu lo lagi.

Gita : Tapi itu semua dulu Rick, gue udah nglupain hubungan kita. Qita kan udah putus. Jadi kita sekarang cuma teman dan tidak lebih.

Erick : Tapi...Ta, aku masih sayang ma kamu.

Gita : Gue mau pulang. Semuanya sudah terlalu jelas...!!!

Erick : tunggu Git.

Erick berusaha mencegah kepergian Gita dan Gita pun kesulitan melepas pegangan tangan Erick dan tiba-tiba Gilang karena mendengar teriakan Gita yang ingin lepas dari Erick. Dan mendobrak pintu yang dikunci oleh Erick dan menyelamatkan Gita dan karena Erick berusaha menampar Gita. Refleks Gilang memukul Erick sampai jatuh. Dan karena ketakutan Erick dan teman-temannya pergi, karena takut dilaporkan Gilang ke polisi telah membuat onar di negeri orang.

The End

4 komentar:

  1. Mbk Rini :
    Gini say...klo pada awalnya kmu make bahasa kamu aku dia mereka ato saya anda.....mka hrs konsisten menggunakan kata sapa ituh....jgn tiba2 di tengah alur kmu make kt sapa loe gua....dll....shg sinkron...kec ktk 1 tokoh make kta sapa aku kmu n tokoh lain make elo gua (krn ltarbelakang tokoh) gtyuuhh....
    Jumat pukul 11:28 · Tidak Suka · 1
    Try to make more dialog than prolog.....menjelaskan watak tdk sll kudu Qta sbg writer yg ngejelasin scr detil tp bs jg reader yg merasa dan dari membaca dialog....dr dialog kmu bs tau ssorg itu kalut panik marah sedih benci cinta ato dia miskin kaya pintar oon dll......mainin fell nya say.....
    Jumat pukul 11:30 · Tidak Suka · 1
    Sering2 baca novel cerpen py penulis yg ok2.....sering2 baca kamus bahasa indonesia......supaya Qta bisa makin kaya kosakata...ok sayang...^^ .....terus berkreatifitas yaaaa......karena otak Qta sangatlah rindu eksplorasi yg manfaat....:D kiss kiss...

    BalasHapus
  2. Melisa :
    Bahasanya masih kurang tepat
    Ceritanya masih kurang simpel

    BalasHapus
  3. Rinda :
    1. Gini mbk pada awalnya mbk menggunakan sudut pandang orang pertama kata sapanya aku. Kenapa di paragraf selanjutnya mbk menggunakan sudut pandang orang ke 3 ,dengan kata sapa dia .

    2. Ceritanya mirip seperti di novel yang pernah ku baca mbk

    BalasHapus
  4. Rima :
    prolognya itu masih kurang
    konfliknya juga masih kurang
    Oh ya gilang kan dalam ceritanya adalah seorang korea tapi kug namanya orang Indonesia?janggalnya disitu.

    BalasHapus