Jumat, 03 September 2010

RESUME "PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI"

Pada pertemuan sebelumnya, kita sudah membahas tentang pengertian dari teknologi informasi. Nah, untuk pertemuan selanjutnya ini yang kita pelajari ada 3 sub pokok bahasan terkait teknologi informasi, yaitu Sejarah Teknologi Informasi, Perkembangan TI, dan Klasifikasi Komputer.

Ø Sejarah Teknologi Informasi

Teknologi Informasi yang sekarang kita lihat sangat canggih dan modern. Apakah itu memang dari sananya langsung bagus dan simple sejak dulu?.Pernahkah kita membayangkan seperti apakah bentuknya dulu? . jika kita mengingat dulu itu jaman yang penuh keterbatasan. Teknologi Informasi jaman dahulu itu dari awalnya memulai dengan cara, Natural/Manual=>Menggunakan tenaga tangan manusia, kemudian sedikit berkembang menjadi Mekanis =>Peralatan berbentuk mekanik yang digerakkan oleh tangan manusia, dan lebih canggih lagi menjadi Elektronis =>Peralatan yang bekerja secara elektronik yang sekarang kita pakai sehari-hari

Manual
Mekanis
Elektronis


Ø Perkembangan TI (komputer)

Seperti layaknya manusia yang mengalami masa perkembangan, begitu juga yang di alami oleh teknologi informasi. Teknologi Informasi berkembang dari generasi I ke generasi VI semakin maju.

  • Pada generasi I, komputer ukurannya masih sebesar rumah bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer).
  • Generasi II, UNIVAC (UNIVersal Automatic Computer), komputer komersial pertama, yang ukurannya sudah lebih kecil dari generasi sebelumnya.
  • Generasi III, Komputer sudah menggunakan IC (integrated circuit) => transistor, resistor, dan kapasitor diintegrasikan ke dalam chip tunggal
  • Generasi V, Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
  • Generasi VI, Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

Ø Klasifikasi Komputer

  • Supercomputer, merupakan komputer yang powerfull yang ada. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.
  • Mainframe, dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat
  • Workstation, Komputer ini powerfull umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan, baik secara tiga dimensi, maupun secara matematika lainnya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.

  • Microcomputer, computer ini penggunaanya sangat populer pada penggunaan di rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.Contohnya: PC, laptop
  • Microcontroller, memiliki semua peralatan pokoknya pemroses (processing), I/O(input&output) dan memori sebagai sebuah komputer dalam satu chip dan akan bekerja jika ditanamkan kesebuah perangkat keras tertentu. Perangkat ini sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus seperti digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.
  • Hasil Diskusi, perbedaan processor, microprocessor, dan microcontroller
    • Processor adalah otak utama dari sebuah komputer yang ukurannya besar.
    • Microprocessor , ukurannya lebih kecil sebagai pengontrol atau pengolah utama dalam suatu rangkaian elektronik. Mikroprosesor biasa disebut juga CPU (Central Processing Unit).
    • Microcontroller, semua perangkat pokok sebagai computer seperti pemroses (processing), I/O dan RAM dalam satu chip.Perangkat ini ideal untuk mengerjakan sesuatu yang khusus.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar